Sunday, June 8, 2008

Siap Nikah?!

Duhh... nih topik emang krusial banget! Entah kenapa akhir-akhir ini gw sering mempertanyakan pada diri gw sendiri. UGh! Mungkin gara-gara berita pypit- temen deket gw pas SmU mu nikah pas 17an. Hummm... timer is running! Oh my god!

Gila men... gw uda mu 23thn aja gitu agustus besok. Dan itu beberapa bulan lagi! Dan gw masi belom kepikiran ke arah 'sana' (i mean the wed..)

Actually bukan ga mikirin juga sih, tapi masalahnya itu "kesiapan". Itu yang masih mengganjal di otak gw, mungkin gw terlalu ribet kali mikirnya. Tapi, menurut gw, nikah itu sesuatu yang harus bener2 dipikirin. Ga bisa namanya asal nyebut aja "gw mu nikah!".

Woy...
Ga segampang itu juga.. Nikah itu awal perjalanan hidup lo! Nikah itu artinya lo mengemban tugas yang lebih banyak dibandingkan sama pas lo masih pacaran atau masi single. (tugas?! ga enak yah dengernya, maap deh! ;p)
Di mata gw, menikah itu menyatukan
2 kepribadian yang berbeda, 2 isi kepala yang berbeda, dan 2 keluarga besar.

'Dia' yang kupilih nantinya.. harus bisa menjadi IMAM dalam hidupku, memaklumi sifatku (kadang egois, mau menang sendiri..), mau mengerti diriku (fee yang moody en cengeng), bisa diajak tukar pikiran, mau menerima keadaan keluargaku (dengan segala permasalahan di dalamnya).

Menikah itu artinya masalah semakin banyak, lebih menguras otak lah.
Qta harus siap lahir batin, terutama SIAP MENTAL! Harus bisa handle segala keperluan rumah tangga, mengurus suami, mengatur waktu untuk diri sendiri. Belom lagi kalo uda ditambah 'baby'. Selain mikirin gimana cara mengasuh dan mendidik yang baik dan benar, harus dipikirin juga harga susu, men! (anjRitt...mahal banget susu bayi tuh! ckkck..)

Gw ada satu cerita,,,
Sepupu gw ada yang nikah muda gitu deh, dan menurut gw pernikahannya tuh ga ter-manage dengan baik. KEnapa gw bilang gitu, soale gw ngeliat dia sekarang jadi susah sendiri dengan masalah finansial dalam keluarganya. Dia punya 4 orang anak padahal umurnya masi 34 tahun! Yang paling besar udah kelas 1 sd, yang paling kecil umurnya baru 2 tahun gitu..
Okay...kalo dulu emang jaman ortu qta prinsip "banyak anak banyak rezeki", tapi kalo sekarang?! Harus bisa dipikirkan dulu deh, sebelum menambah anak..

Beberapa bulan yang lalu... (curhat colongan nihh... ;p)
Ada yang pernah deket sama gw, dan terang2an menyatakan 'keseriusan' nya untuk menjalin suatu hubungan. That's mean..menuju pernikahan!
Okay, org itu bisa dibilang sudah 'matang' untuk masalah masa depan. Pemikirannya maju, knapa gw bilang gt? Coz dia sudah belajar bertanggung jawab dalam mengatur keuangan untuk dirinya sendiri. Dia bisa menyelesaikan cicilan mobil, sudah mulai menyicil rumah, punya tabungan untuk wed's party nya nanti.
Tapi masalah ga selesei gitu aja, bukan berarti gw pasti 'okeh' juga ama itu org. Gw sama org itu totally different! Ga pernah bisa nyambung. Yang gw omongin ke dia ga pernah kena, gitu juga sebaliknya. Nah, gimana ceritanya kalo gw sama dia sampe nikah?? Yang ada qta bisa berantem terus.. dan itu yang paling gw hindarin.


Tentang si neng dan si mas...
Bukan berarti ga serius dengan si mas, cuman gw mau menjalani hubungan ini tanpa ada beban. Gw mau lebih mengenal dia dulu, memahami, dan mengerti akan dirinya. Lagi juga qta berdua masi muda, masi banyak yang harus dikerjain. Si mas dengan ngantor nya yang baru beberapa bulan, gw dengan urusan kuliah gw yang masi menunggu ditengok, hehhe..
Kenapa aku memilih dirinya? Coz right now he is the right guy.

Last topic..
Target nikah umur berapa?
Dulu pas baru masuk kuliah, gw menargetkan umur 24 untuk menikah. Di usia gw yang sekarang, 24 tuh artinya taon depan! Dan gw masi merasa belum siap untuk itu. Jadi, kayaknya target nikah mundur beberapa tahun lagi, hehehe


pSStt... udah lama ni ga nulis topik berat, hehehe..


6 comments:

Dana said...

lagi kenapa lu??

tiba2 mikirin maried.. sumpah ngakak gue bacanya... hahahahahaa... kalo si mas baca apa ya.. pikirannya?? i wondering...???

udah fit... khan si mas udah kerja... rumah ada yang ga kepake, umur siap, gaji udah ada lumayanlah.. hajar ajalah..

tinggal tunggu lu lulus aja khan.. lu lulus langsung lamaran dech..khan kalo dokter ga mungkin ngaggur pasti ada kerjaan..

gue jadi kepikiran dech gimana ya... kalo pandu nikah.. ijab kabulnya mukanya datar ga ya.. (haahahahahahahahaahahahaha)

aa_gie said...

haha..nikah santai brur..

gw mah mau nikmatin masa2 muda gw dulu, masa2 gw cr kerja, punya uang sendiri (eits ntar dl klo hrs berbagi dg istri mah)..

pokonya target gw 3-4th lg gw nikah biar gw puas maen2&mulai serius dg seseorang..

jd jg sampe gw nikah byk selingkuhan(meski pengen)..

duh sapa tuh cowonya fee?? jg2 yg d UNPAD ya..ups kelepasan nih

dah pokoknya lo ber2 ma si mas tuh cocok bgt..yg satu pendiem trus yg satu cerewet... puih..untung ya si mas sabar klo gw uh dah g kuat (peace fee)..


pokoknya kalian ber 2 COCIX BANGETS...

mpwh said...

tumben, dalem bgt sih fee..

baca postingan kamu yang ini jadi keinget sama pipiland...???

Fitri Intan Dini said...

Dana : gw ga knp2 dan, cuman lg pengen ngebahas 'kesiapan' gw. Dan gw merasa gw belum siap. begitu..
Agie : Salah tebakan lo gie!
Si mas : Iya nih, jarang2 kan gw serius nulis blog... :D


**
Alesan knp gw angkat topik ini coz.. gw sedang merefleksikan diri gw sendiri ke arah pernikahan (as helmi said..) ;p

Bukan masalah target umur nya, but 'mental' gw yang ternyata belum siap. Gw yang ngerasa masi 'belum cukup kuat' menghadapi masalah yang lebih banyak.

Anonymous said...

berdasar surve dan mendengar curhat colongan teman2.. pertanyaan paling mendasar ketika menginjak usia 20 tahunan..

1. kapan lulus kuliah??
langsung bete.. "umur segini" masih kuliah aja.. atau aduh skripsi apa kabar ya?? -untung sy lulus tepat waktu-

2. sudah lulus ya?? sudah kerja??
bete lagi.. sudah kirim cv, tapi ega dipanggil.. atau paling banter sampai tahap interview -Alhamdulillah abis lulus langsung dpt kerja-

3. kerja dimana sekarang??
langsung pikiran menerawang..
tepat ega ya sy kerja disini..
-capai jadi staf.. kpn jadi manager ya??-

4. mana ni calon istrinya??
aduh... baru sebulan lalu putus.. atau waduh koq calon istri y?? belum siap...
-hehe.. yang ini aman-

5. kapan nikahnya??
gawat.. nyokap udah ega sabaran liat menantu
-gawat juga.. belum siap-

6. mana momongannya ni??
haha.. om sama temen curhat ni..

so.. fit.. anda sampai tahap/pertanyaan yang mana niy??

haha.. 0_0

Fitri Intan Dini said...

Kenapa dulu gw menargetkan angka 24thn?!
Coz gw berpikir kalo gw mo nikah pas gw koAss.

okay..taon depan mungkin gw uda koass, urusan target gw dapet, tapi..
gw merasa masih perlu pembenahan dalam diri gw..

Untuk menjadi fee yang lebih baik, untuk menjadi istri yang mampu menciptakan keharmonisan rumah tangga gw kelak.. (anjirrr...kayak bkn fee yang nulis!) ;p