Monday, January 19, 2009

Belajar Mendewasakan Diri

umm...
Itu hal yang kadang gw ngerasa masih sulit ngejalaninnya.

emotion

Entah mungkin karena ego gw sendiri, ato keadaan sekitar yang lagi ga mendukung. Dalam beberapa hal, mungkin gw bisa mengatasinya, gw bisa bersabar, menahan diri. Cuma..dalam banyak hal lainnya, gw masi ga bisa mengkontrol emosi gw.

Pandu pernah bilang sama gw, "Itu semua tergantung kamu, kamu maunya gimana, terus ngebebanin pikiran kamu, bwat kamu emosi. Atau kamu ga usah anggap masalah, ga jadi kesel sendiri karena hal yang menurut kamu ngeselin" Gw sebenernya pengen pilihan kedua, tapi ternyata gw masi belum bisa.

Gw belum dewasa.
Gw belum bisa mengkontrol emosi gw.

Gw terlalu mikirin hal yang ga penting untuk dipikirin. Gw terlalu gampang tersulut emosi. Terkadang gw ga terima kalo gw disalahin, kalo dinasehatin.. karena gw ngerasa bener! ga salah, dan orang lain yang salah. Ampun dehh..jelek amat nih sifat. humm


trustworthy

predisposisi : Trauma? or anything else
Menurut gw, suatu relationship..entah antara pacar atau teman harus dilandasi rasa kepercayaan. Karena itu merupakan base dari relationship itu sendiri.

First.. sahabat
Gw percaya sama sahabat gw, gw akan cerita masalah yang lagi gw hadapin ke sahabat gw. Ada satu cerita dalam gank gw [ pliss dehh...hari gini masi maen gank, hahaha] begini.. Si X dan Y itu temenan, si X cerita ke si Y ttg perasaannya sama si Z. Intinya si X suka sama si Z. TRuss.. anggota yang lain tuh gak tau kisah itu, tiba2.. suatu ketika si Y ama si Z itu jadian aja gitu.. Nah, baru kebongkarlah kalo dulu si X ama si Y tuh dulu pernah curhat2an. X ngerasa di-tikung, yaph! ama sahabat yang paling deket sama dia. Sampe sekarang hubungan persahabatan antara si X dan si Y rusak, meskipun uda mulai negor2an, tapi tetep aja ga kayak dulu ceritanya, masi ada rasa sakit hati, dsb..

Hikmahnya yang harus diambil.. qta harus jujur sama sahabat qta, jangan sampe ada kejadian tikung-menikung. Sahabat yang sayang sama qta pasti akan mengerti dan berpikir beberapa kali untuk menyakiti qta.

Second.. pacar
Gw percaya sama pacar gw, gw lebih terbuka sama pacar gw dibandingkan sama sahabat gw [dan pastinya gw yakin kalo pacar gw bisa keep my secret].
Gw percaya dengan siapa gw pacaran, gw kenal kayak gimana sifatnya, sikapnya. Meskipun... 'gangguan' itu pasti ada. Tapi..masi bisa dibahas, dan untuk hal ini gw berusaha keras 'jealous dalam tahap wajar'. Gw ga akan ngapa2in sama tuh orang, paling cuman bilang 'aku ga suka kamu deket sama dia'. That's enough..


Nah..menurutmu?? sudah dewasa-kah kamu dalam menyikapi persoalan2 dalam hidupmu?

12 comments:

OnikChan said...

gw juga merasa blom dewasa :p
tiap hari kita harus berusaha memperbaiki diri sendiri menjadi lebih baik dari sebelumnya :)

mpwh said...

aku ga ngerti. to many variables... hehe

Dana said...

to complicated sis, make it simple..

woodalchi_girl said...

hai fashionista^^

daku mau promosi online shop qu yg baruuuu aja dirilis,,
lam kenal ya^^

silakan browse di

http://viychub.multiply.com

ada baju-baju dan tas-tas keren^^
semuanya langsung dan ASLi diimpor dari Korea dan tentunya berkualitas

dijamin ga nyesel deh^^
okaiy,,thanx yaaa

Wibowo Kosasih said...

Sadar bahwa diri sendiri tidak dewasa, adalah awal dari kedewasaan ...
- Mbah Yoda

Mengenai 'Gangguan', seharusnya bangga dong ... ;)

Lintang said...

dewasa itu proses fee...
gw '20 something' dan belum dewasa :(

Fitri Intan Dini said...

#onik
iyap!! betull banget..harus bisa, meskipun sulit, harus terus berusaha sekuat tenaga.. [ngapain fee?! :p]

#mpwh
kamu tau koq, telat ahh nyadarnya

#dana
emm...gw nulis yang ada di otak gw aja,dan..

#viy's boutique
silakan...

#GICM aficionado
makaasih Mbah Yoda.. semangatnya, dukungannya, hehehe

iya nih..'Gangguan' datang bertubi-tubi, patah satu hilang berganti ..[bener gak sih?!] :p

#lintang
suliitttt, tang!!! Umur mah udah nambah, belum tentu uda dewasa, ugh..

Anonymous said...

benar kata si lintang tuh..

pendewasaan itu proses, bukan berarti umur sudah 24 atau 39, namun dewasa lebih kearah sikap dan mind set atau cara berpikir, as long sadar dan tahu kekurangan serta berusaha mengontrol.. its ok..

dewasa itu kalau dianalogikan bagai sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir!!

Fitri Intan Dini said...

#cha :
weii...apa kabar pak? duhh...kirain blog gw ga bakal didatengin lagi, hehehe..

iya, sayah merasa ini seperti sebuah perjalanan, baru dimulai, masih panjang untuk mencapai tujuan....
huhuhuhu..

Anonymous said...

duh~~ lebih percaya ke pacar??? ati2 ah fee. apalagi kalo prosesnya 'INSTAN'...he just like a stranger in your life. better you trust you bestfriend yg udah lama tentunya...ato...mungkin saran gw seorang idealist, percaya aja ke diri lo sendiri..jangan sedikit2 cerita ke org. pecahin dulu masalahnya sendiri. jangan malah LARI dari masalah. nah, kalo emg udah titik darah penghabisan ga bisa mecahin masalah sendiri and perlu bantuan org lain, baru deh minta bantuan.
malah lebih bagusnya menawarkan diri utk ngebantuin tmn yg lg pny masalah, jangan malah ngerepotin mereka,,,itulah hidup...membuat hidup kita berguna dalam hal apapun, MENURUT GUE.

Unknown said...

karena sikap gw yang ga dwasa,akhirnya gw nyesel seumur idup...gw mesti keilangan orang yang paling gw sayang..pacar gw..orang yang slalu ngedukung gw,selalu kasih semangat gw disaat gw down............dan di saat gw mo brubah,disaat gw mo mendewasakan diri smuanya dah terlambat...........

Icha Amri said...

Gw rasa,, gw dah mndwasakan diri gw bwt psangan gw.. Smw itu krn gw blar pelan2... Pada dasar'a gw tuch egoist n gag dewasa bgt.
Tp smpai skrg sdkit bnyak'a gw da brbah...